REHAT

Sekedar untuk merenung dan menulis

Konversi Angka ke Bilangan dalam MS Excel

Beberapa waktu lalu pernah kepikiran buat bikin rumus untuk merubah angka menjadi huruf (bilangan). Tapi baru kepikiran aja, blom sempet dikerjain. Waktu dicoba pake rumus excel biasa (pake VLOOKUP) hasilnya bisa, tapi ngga maksimal, kalo angka "11" hasilnya jadi "Sepuluh Satu".

Setelah tanya kiri kanan, ternyata ada cara yang lebih mudah, yakni dengan membuat sendiri rumus yang diinginkan dengan vasilitas visual basic editor yang seterusnya dijadikan sebuah add-in. Cara ini terbilang lebih mudah, karena sekali kita menambahkan add-in ini, lalu seterusnya kita dapat menggunakan rumus ini kapan pun.

Cara ini saya dapet dari blognya senior saya: omankomarudin.blogspot.com. Untuk membuat rumus ini dari mulai nol bisa dibuka disana untuk lebih jelasnya. Disini saya cuma jelaskan cara singkat nya saja. Untuk membuat rumus yang otomatis merubah angka menjadi huruf silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Untuk Excel 2003 :
  1. Donlod file berikut : terbilang.zip
  2. Ekstrak file tersebut ke direktori "c:/windows/addins
  3. Buka Ms Excel 2003, lalu Klik Tools > Addins (lalu akan muncul Addins window
  4. Beri tanda ceklis pada "terbilang" lalu klik "OK"
  5. Bila add-in "terbilang" tidak ada dalam daftar tersebut, Klik "Browse" lalu cari file yang bernama "terbilang.xla" di tempat anda meng-ekstrak file "terbilang.zip" kalo sudah ketemu filenya klik "OK"
  6. Tutup program MS Office Excel.
Untuk Excel 2007
  1. Donlod file berikut : terbilang.zip
  2. Ekstrak file tersebut ke direktori "c:/windows/addins
  3. Buka Ms Excel 2007 lalu klik Office Button > Excel Option
  4. Pilih add-ins lalu klik go (lalu akan muncul Addins window)
  5. Beri tanda ceklis pada "terbilang" lalu klik "OK"
  6. Bila addin "terbilang" tidak ada dalam daftar tersebut, Klik "Browse" lalu cari file yang bernama "terbilang.xla" di tempat anda meng-ekstrak file "terbilang.zip" kalo sudah ketemu filenya klik "OK"
  7. Tutup program MS Office Excel.

Nah, selesai lah nambahin rumus ke excel ... sekarang tinggal cara menggunakannya

Buka Ms Excel, ketik angka 1234 (ini hanya contoh) pada cell A1
lalu pada cell A2 tuliskan rumus berikut (tanpa tanda kutip) "=terbilang(A1)"
Maka hasilnya adalah "Seribu Dua Ratus Tiga Puluh Empat"
Jika ingin menggunakan rupiah di akhirnya, maka rumusnya "=rupiah(A1)"

catatan:
A1 adalah cell dimana tertulis angka yang akan dikonversi menjadi huruf




3 komentar:

Unik mengatakan...

nice !!!

Oman mengatakan...

heuheuheu.....

fghghah mengatakan...

mantap gan, ini dia yang ku cari. gw mau buat raport menggunakan excel untuk kolom bilangan yang sesuai dengan nilai siswa di sebelahnya tapi ga pake rupiah. makasih gan...........

Poskan Komentar

Profil

Statistics

Promo

Ikuti Blog ini

Traces


ShoutMix chat widget

Fish